Versions

Description

Anda sering mengeluhkan vagina sakit dan mengalami nyeri hebat? Kondisi ini dalam bahasa medis disebut dengan vulvodynia, yaitu rasa nyeri, perih, gatal, atau panas di bagian vulva atau daerah seputar vagina.

Bagi sebagian wanita, vulvodynia membuat nyeri kronis yang cukup menyusahkan sehingga berdampak pada kemampuan berhubungan seks, naik sepeda, menggunakan pembalut, duduk lama, hingga ketika mengenakan celana ketat. Lantas, bagaimana cara mengatasi rasa sakit di sekitar vagina tersebut? Baca terus untuk mengetahui perawatan vulvodynia dalam artikel ini.

Penyebab vulvodynia Perlu diketahui, sampai saat ini para dokter belum mengetahui penyebab yang tepat dari vulvodynia. Namun, para pakar kesehatan reproduksi mengatakan bahwa vulvodynia tidak ditularkan oleh hubungan seksual, dan juga bukan merupakan tanda kanker. Itu sebabnya, penyebab kondisi ini masih terus dipelajari.Ciri Ciri Sipilis

Tetapi ada beberapa faktor yang dapat berperan membuat vagina sakit dan nyeri, antara lain:

Cedera atau iritasi saraf di daerah sekitar vulva Infeksi vagina Alergi atau hipersensitivitas kulit lokal Perubahan hormonal Pengobatan vulvodynia untuk meringankan vagina sakit dan nyeri Vulvodynia sulit untuk diobati karena tidak ada penyebab yang dapat diidentifikasi. Meski begitu, masih ada beberapa perawatan yang tersedia untuk menghilangkan gejala rasa sakit dari kondisi ini. Selain itu, perawatan yang ditawarkan pada setiap wanita mungkin berbeda-beda. Jadi jangan heran, jika ada wanita yang mungkin memerlukan waktu berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan untuk menjalankan perawatan ini. Pilihan pengobatan tersebut, antara lain:

1. Obat-obatan Beberapa obat-obatan penghilang rasa nyeri seperti obat steroid, obat antidepresan trisiklik atau antikonvulsan dapat membantu mengurangi rasa sakit kronis. Selain itu, obat antihistamin juga dapat mengurangi rasa gatal di area sekitar vagina.

2. Biofeedback therapy Terapi biofeedback merupakan terapi yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dengan mengajarkan pada penderita untuk mengendalikan respon tubuh terhadap rangsangan tertentu. Tujuan dari biofeedback adalah untuk membantu pasien lebih rileks agar mengurangi sensasi rasa sakit.

Bagi pasien yang mengalami nyeri di bagian vagina, terapi biofeedback dapat mengajarkan kepada pasien bagaimana caranya mengendurkan otot panggul yang tegang karena mereka berinteraksi terhadap rasa sakit kronis. Sehingga pasien diharapkan bisa mengantisipasi rasa sakit agar tidak sampai merasakan rasa sakit yang kronis dengan memperkuat dasar panggul mereka.Gejala Penyakit Kencing Nanah

3. Bius lokal Obat-obatan, seperti salep lidocaine dapat memberikan bantuan sementara untuk meringankan gejala. Dokter mungkin menyarankan penggunaan lidokain 30 menit sebelum hubungan seksual untuk mengurangi ketidaknyamanan. Jika menggunakan salep lidocaine, pasangan juga mungkin mengalami mati rasa sementara setelah kontak seksual.

4. Blok saraf Pengobatan bagi wanita yang telah lama mengalami rasa sakit di bagian vagina dan tidak kunjung membaik setelah melakukan beberapa pilihan perawatan yang sudah disebutkan di atas, Anda dapat melakukan suntikan blok saraf lokal. Konsultasikan ke dokter terlebih dahulu sebelum melakukan tindakan ini.

5. Terapi dasar panggul Umumnya wanita yang mengalami vulvodynia memiliki masalah dengan otot-otot dasar panggul. Otot-otot dasar panggul merupakan otot yang mendukung rahim, kandung kemih, dan usus. Latihan untuk memperkuat otot-otot dasar panggul dapat membantu meringankan rasa sakit di sekitar vagina yang disebabkan karena vulvodynia.

6. Akupunktur Menurut sebuah penelitian terbaru di Journal of Sexual Medicine, akupunktur mungkin efektif dalam membantu untuk mengurangi rasa sakit vulvodynia dan meningkatkan fungsi seksual.

7. Psikoterapi Stres berlebih dan rasa sakit yang hebat akibat merasakan nyeri di vagina, bagi sebagian wanita akan berdampak pada bagaimana ia memproses rasa sakit di otaknya. Jadi salah satu tujuan melakukan psikoterapi adalah mengurangi keparahan rasa sakit dan mengurangi dampak rasa sakit. Terlebih untuk memperbaiki hubungan seksualnya.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Sexual Medicine ternyata psikoterapi menjadi cara yang efektif untuk mengurangi rasa sakit seksual atau memperbaiki fungsi seksual wanita.

8. Operasi Operasi merupakan pilihan terakhir apabila beragam perawatan sudah tidak mempan lagi untuk meredakan rasa sakit di daerah vagina. Dalam kasus di mana daerah yang sakit melibatkan area yang kecil (lokal vulvodynia, vulva vestibulitis), operasi untuk mengangkat kulit dan jaringan yang terkena dapat mengurangi rasa sakit pada beberapa wanita. Prosedur operasi tersebut dikenal dengan nama vestibulectomy.

9. Perawatan di rumah Selain pengobatan yang sudah dijabarkan di atas, perawatan vulvodynia juga bisa dilakukan di rumah untuk mengurangi gejala atau mencegah gejala kambuh lagi. Berikut ini perawatan vulvodynia yang bisa Anda lakukan di rumah, yaitu:

Memakai deterjen pakaian yang sesuai dengan rekomendasi dokter dan tidak mengiritasi. Kenakan celana dalam yang berbahan katun. Tidak menggunakan sabun pembersih kewanitaan, pembalut, tampon, atau pun krim kontrasepsi yang mengandung parfum atau bahan kimia keras. Gunakan celana dan baju yang berbahan longgar dan tidak ketat (tidak menggunakan stoking). Usahakan untuk menjaga daerah vulva agar selalu bersih dan kering. Hindari berenang di kolam renang yang mengandung banyak klorin. Membasuh vagina dengan air hangat. Melakukan senam kegel.Ciri Ciri Penyakit Klamin Penyebab vagina terasa panas adalah keputihan berlebih yang mengakibatkan miss v jadi panas saat kencing oleh karena itu apa bila tidak ingin menular sebaiknya hindari hubungan seks terlebih dahulu tunggu sampai sembuh karena keputihan berlebih itu adalah awal dari masuknya virus gonore yang secara tidak sadar kita tertular oleh orang lain atau juga terlalu memaksakan diri dalam melakukan hubungan seks, dan sebaiknya segera di obati agar tidak semakin parah,

Rasa perih / nyeri pada organ intim ( vagina ) dapat disebabkan oleh berbagai kemungkinan penyebab berikut ini :

Gesekan saat berhubungan intim Kurangnya lubrikasi / pelumasan saat melakukan penetrasi Luka genital akibat infeksi menular seksual ( Sifilis, Herpes genital ) Kandidiasis vagina ( infeksi jamur vagina ) Vaginitis ( peradangan pada vagina ) Atrofi vagina ( peradangan dan penipisan vagina ) Penggunaan produk / bahan yang mengiritasi vagina Rasa nyeri, sakit, perih dan panas di vagina / miss v memang bisa disebabkan oleh berbagai hal, misalnya rasa nyeri itu akibat dari hubungan intim karena gesekan pada saat berhubungan intim atau kurangnya lubrikasi saat hubungan intim. Jika rasa sakit di vagina itu terasa saat berhubungan intim besar kemungkinan karena tidak ada lubrikasi / pelumas yang dikeluarkan oleh vagina saat berhubungan badan / intim. Secara alaminya ketika wanita terangsang secara seksual saat berhubungan intim maka vagina akan mengeluarkan cairan untuk melumasi vagina agar terhindar dari rasa sakit saat gesekan, jika cairan pelumas itu tidak keluar maka sering menimbulkan rasa sakit dan perih saat berhubungan intim.

Solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini, diantaranya coba tenangkan diri anda ketika akan berhubungan badan dan nikmati agar cepat terangsang atau melakukan foreplay ( pemansan ) lebih dulu sebelum melakukan hubungan badan seperti pasangan Anda meraba area intim Anda atau meraba bagain tubuh lainnya sampai Anda terangsang secara seksual, karena jika wanita sudah terangsang secara seksual secara alaminya akan mengeluarkan cairan pelumas di vagina ( cairan ini di produksi oleh kelenjar di vagina yaitu kelenjar bartholin ) dan dengan keluarny cairan tersebut hubungan intim tidak akan menimbulkan rasa sakit.

Selain itu jika rasa sakit / nyeri di vagina itu bukan terjadi saat hubungan intim bisa jadi itu adalah gangguan pada vagina / miss v atau penyakit menular seksual ( PMS ) seperti luka genital akibat infeksi menular seksual ( Sifilis, Herpes genital ), kandidiasis vagina ( infeksi jamur vagina ), kaginitis ( peradangan pada vagina ), atrofi vagina ( peradangan dan penipisan vagina ) dan lainnya.

OBAT HERBAL UNTUK MENGATASI GEJALA PENYAKIT GỔNORE,INFEKSI SALURAN KENCING,SIPILIS DLL.

UNTUK KONSULTASI DAN PEMESANAN SILAHKAN HUBUNGI KONTAK KAMI:

Tel-Sel: 082138608050 XL: 087736638767 BBM: BY REQUES

Cara Pemesanan:

Konfirmasi Pembayaran, Silahkan Bisa Transfer Kesalah Satu Rekening Kami:

Kirimkan: Nama # Alamat # No.Hp # Obat Yang Di Pesan # Transfer Melalui Via Bank Apa / Kirim Bukti Transfer => Contoh: AGUS # JL.MUTIARA BUNDA NO.11 KEC.ADIPUTRA KAB.KANDUNG KODE POS 12342 # NO HP. 08213867086XXX # OBAT GONORE # BRI 320.000 A / N AGUS

Barang Dikirim Menggunakan TIKI / JNE / POS / J & T

Setelah Paket Kami Kirim, CS Kami Akan Pemasangan Bukti Resi Pengiriman, Agar Bapak / Ibu Bisa Cek Posisi Paket Sudah Sampai Dimana Bapak / Ibu Tidak Perlu Khawatir Untuk Belanja Online Pada Kami, Karena Kami sampaikan Jaminan Paket Sampai Alamat, Jika Paket Tidak Sampai Uang Kami Kembalikan 100%

“JANGAN KARENA UANG ANDA MENUNDA NUNDA PENGOBATAN, KARENA MAKIN ANDA MENUNDA PENGOBATAN, MAKA SEMAKIN SULIT UNTUK PENYAKIT YANG ANDA ALAMI UNTUK DISEMBUHKAN, MAKA DARI ITU TANGGAPLAH UNTUK KESEHATAN ANDA”

https://obat-kencingsakit.atavist.com/gejala-kemaluan-terasa-panas-dan-keluar-cairan-kuning

Repository

https://github.com/eliasamcdade/GEJALA-KEMALUAN-TERASA-PANAS-DAN-KELUAR-CAIRAN-NANAH.git

Project Slug

gejala-kemaluan-terasa-panas-dan-keluar-cairan-nanah

Last Built

5 months, 2 weeks ago passed

Maintainers

Badge

Tags

dan, kemaluan, gejala, cairan, keluar, nanah, terasa, panas

Project Privacy Level

Public

Short URLs

gejala-kemaluan-terasa-panas-dan-keluar-cairan-nanah.readthedocs.io
gejala-kemaluan-terasa-panas-dan-keluar-cairan-nanah.rtfd.io

Default Version

latest

'latest' Version

master