Versions

Description

GEJALA AWAL TIMBULNYA GATAL BENTOL KEMERAHAN - Rasa gatal yang timbul pada kulit menandakan adanya masalah pada tubuh.Pada umumnya rasa gatal yang muncul pada kulit akibat alergi maupun iritasi.Namun tidak jarang rasa gatal juga disebabkan gigitan hewan seperti nyamuk. Rasa gatal dapat hilang dengan sendirinya, tetapi ada beberapa kasus rasa gatal akan semakin parah apabila disertai dengan bentol merah.Bentol merah pada kulit menandakan adanya indikasi tertentu, hal ini sebaiknya segera diatasi agar tidak mengganggu penderita.Cara menghilangkan bentol merah yang gatal pada kulit dapat menggunakan bahan alami atau kimiawi.

Beberapa jenis eksim lainnya adalah:

Dermatitis discoid, yaitu jenis eksim yang terjadi dengan bentuk lesi bulat atau oval. Dermatitis verikosa, adalah jenis eksim yang paling sering mengenai bagian bawah kaki dan disebabkan masalah aliran darah melalui vena kaki. Dermatitis kontak, merupakan jenis eksim yang terjadi saat tubuh mengalami kontak dengan zat tertentu. Dermatitis dishidrotik (pompholyx), adalah jenis eksim yang menimbulkan luka lepuh kecil yang bisa pecah di sepanjang telapak tangan. Dermatitis numularis, jenis eksim ini banyak menyerang wanita dan membentuk ruam merah berbentuk koin. Dermatitis seboroik, adalah jenis eksim yang tumbuh di sisi hidung, alis, telinga dan kulit kepala. Dermatitis stasis, yaitu jenis eksim yang membuat kulit menjadi keras dan meninggalkan ruam berwarna coklat. Eksim atopik umumnya muncul pada anak-anak, namun tidak menutup kemungkinan dapat menyerang dewasa. Eksim atopik biasanya menyerang orang yang memiliki sejarah keluarga penderita eksim, asma, hay fever dan kerusakan pelindung kulit yang menyebabkan cairan keluar dan bakteri dapat masuk ke dalam kulit. Eksim Atopik ini dapat muncul di bagian tubuh mana saja, terutama di bagian kulit yang memiliki lipatan Beberapa tempat yang sering menjadi lokasi kemunculan eksim:

Wajah dan kulit kepala Tangan (terutama jari tangan) Bagian dalam siku Bagian belakang lutut Kaki Kulit yang kering dan terasa sangat gatal bisa menjadi gejala awal kondisi ini. Kulit akan mengalami iritasi dan memerah ketika kita mulai menggaruk bagian kulit yang terasa gatal. Jika digaruk terlalu sering, maka kulit dari area yang gatal tadi menebal dan dapat melepuh serta mengeluarkan cairan. Terkadang area yang mengalami radang tersebut dapat terserang infeksi. Seluruh gejala seperti kulit kering, gatal-gatal, dan inflamasi akan muncul dan menghilang. Selama ini terjadi, lapisan kulit akan menebal sehingga kulit terasa kasar.

Tingkat keparahan penyakit ini sangat bervariasi. Bagi penderita eksim atopik yang ringan, hanya sebagian kecil kulit kering yang terkadang terasa gatal. Dalam kasus yang lebih parah, eksim atopik dapat menimbulkan ruam merah yang menyebar ke seluruh tubuh dan rasa gatal terus-menerus.

“Penyebab Eksim Atopik”

Eksim atopik sering disertai kondisi medis lain, seperti hay fever (alergi terhadap serbuk sari) dan asma. Hingga kini, penyebab sebenarnya belum diketahui.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang bisa memperburuk gejala yang muncul akibat eksim atopik: Tanpa memerlukan pengobatan khusus, setengah dari kasus eksim atopik akan menghilang dengan sendirinya. Eksim atopik umumnya menghilang saat anak menginjak usia di atas 10 tahun.

Menggaruk kulit sehingga kulit mengalami luka atau iritasi. Kulit yang kering. Infeksi bakteri dan virus. Cuaca panas dan perubahan tingkat kelembapan. Keringat tubuh. Cairan pelarut, pembersih, sabun, dan deterjen. Makanan seperti telur, susu, kacang, kedelai, dan ikan. Terutama dampaknya kepada bayi dan anak kecil. Debu dan serbuk sari. Asap rokok dan polusi udara. Pakaian, selimut atau karpet dari bahan wol. “Pengobatan Eksim Atopik”

Hampir sebagian besar penderita eksim atopik akan merasakan gejala yang kumat-kumatan, dan terkadang tanpa ada pencetus yang jelas. Untuk mengurangi gejala dan frekuensi kekambuhan, dokter mungkin akan menyarankan Anda untuk:

Mencoba sebisa mungkin untuk tidak menggaruk area yang gatal. Apabila sudah tidak tertahankan, gosok daerah yang gatal dengan lembut tanpa menggunakan kuku.

Hindari paparan udara atau air yang terlalu panas ataupun terlalu dingin, karena kondisi yang ekstrem dapat memicu iritasi.

Gantilah sabun mandi Anda dengan sabun mandi yang mengandung pelembap (emolien).

Gunakanlah pakaian berbahan katun, karena lebih lembut untuk kulit.

Bilas baju setelah dicuci dengan deterjen hingga bersih, karena kandungan dalam deterjen diduga dapat mengiritasi kulit.

Pengobatan eksim atopik perlu dilakukan ketika kondisi ini sudah sangat parah dan mengganggu kehidupan sehari-hari. Emolien dan krim kortikosteroid adalah langkah pengobatan utama eksim atopik.

Segera KONSULTASI jika mengalami kondisi-kondisi seperti di bawah ini:

Perawatan secara mandiri tidak bisa mengatasinya.

Kulit terasa sangat sakit.

Mengganggu posisi tidur atau kegiatan sehari-hari.

Kulit mulai terinfeksi, muncul nanah, memar kemerahan pada kulit

Anda merasa eksim atopik memengaruhi penglihatan.

Untuk mendiagnosis eksim atopik dapat dilakukan oleh dokter dengan memeriksa kondisi kulit dan juga membahas riwayat kesehatan Anda. Tidak diperlukan tes medis khusus untuk mendiagnosis kondisi ini.

Tes kulit (patch test) mungkin dilakukan untuk mengetahui faktor yang mungkin memicu munculnya kondisi ini atau yang memperparah gejala yang ada. Jika diketahui ada satu faktor pemicu munculnya eksim atopik, maka Anda perlu berusaha membuang atau menghindari pemicu itu dari menu makanan atau dari lingkungan di sekitar Anda.

Pengobatan yang dilakukan untuk eksim hanya untuk meredakan gejala yang muncul. Hingga kini, belum ada obat yang bisa menyembuhkan kondisi ini sepenuhnya. Jika bisa mengenali kondisi ini sejak awal, penanganan bisa secepatnya dilakukan.

Pengobatan utama yang digunakan untuk mengatasi gejala eksim atopik adalah obat oles steroid dan pelembap. Obat oles steroid digunakan saat terjadi ruam dan juga pembengkakan ketika kondisi ini kambuh. Sedangkan pelembap adalah jenis pengobatan yang bisa dilakukan sehari-hari untuk menangani gejala kulit kering.

“Penanganan Eksim Atopik Secara Mandiri”

Ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan sendiri untuk membantu meredakan gejala yang muncul akibat eksim atopik, yaitu:

Menjaga kulit tetap lembap. Gunakan pelembap dan mandi dengan air hangat selama 10 sampai 15 menit. Hindari penggunaan air panas. Menghindari benda yang menyebabkan iritasi.Sabun dan parfum yang membuat kulit kering, pakaian dan kain yang membuat kulit terasa gatal. Hindari benda-benda alergen. Kutu debu dan juga bulu binatang bisa menyebabkan alergi pada beberapa orang, cobalah menghindarinya untuk mencegah ruam bertambah parah. Mengatasi rasa gatal. Eksim selalu menimbulkan rasa gatal pada kulit. Menggaruknya bisa memperburuk eksim atopik yang diderita dan berisiko membuat kulit terinfeksi bakteri. Pada anak-anak, potong kuku mereka untuk mengurangi risiko kerusakan kulit. Sedangkan pada bayi, berikan sarung tangan agar garukan tidak membuat kulitnya terluka. Mengganti menu makanan. Makanan seperti telur, kacang-kacangan, dan susu bisa memicu munculnya gejala dermatitis atopik. Berusahalah untuk mengubah menu makanan jika kemunculan dermatitis atopik berhubungan dengan makanan Anda. Mewaspadai sinar matahari. Terbakar matahari dan berkeringat bisa memperparah iritasi kulit. Meski sinar matahari bisa membantu meringankan gejala eksim atopik, usahakan untuk menghindari kulit terbakar sinar matahari. Menghindari stres. Stres juga berperan dalam membuat ruam bertambah buruk, usahakan untuk makan dan tidur yang cukup, melakukan aktiftas yang menyenangkan agar pikiran tetap sehat.

“Komplikasi Eksim Atopik”

Komplikasi yang dapat muncul akibat eksim atopik adalah:

Infeksi kulit. Ketika kulit terluka akibat digaruk karena gatal, risiko terjadinya infeksi kulit dari bakteri maupun virus akan meningkat. Asma dan hay fever. Eksim atopik biasanya muncul terlebih dahulu sebelum kedua kondisi ini. Dermatitis kontak. Kondisi ini sering terjadi pada penderita eksim atopik. Banyak unsur atau senyawa yang bisa membuat kulit mengalami reaksi alergi. Gangguan pada mata. Komplikasi mata akan terjadi jika eksim menyerang sekitar kelopak mata. Dermatitis tangan. Sering kali terjadi pada orang yang bekerja dengan menggunakan tangannya dan terkena pajanan langsung dengan sabun keras, deterjen, atau bahan kimia. Gangguan tidur. Penderita eksim atopik, terutama anak-anak, cenderung mengalami kesulitan tidur. Siklus gatal-gatal bisa membuat Anda terbangun berulang kali dan akibatnya menurunkan kualitas tidur Anda. Masalah Perilaku – Anak dengan eksim atopik lebih rentan mengalami masalah dengan perilakunya seperti ADHD (attention-deficit/hyperactivity disorder) terutama jika sering kekurangan tidur. “Gejala Penyakit Eksim Kronis”

Ada 2 jenis gatal eksim yg umum di sebut di Indonesia, yaitu eksim kering dan eksim basah. Apa beda eksim kering dan basah ?, apa penyebab eksim dan cara mengobati eksim bagaimana? eksim bisa sembuh, penyakit eksim sembuh. Itu nanti saya bahas disini dengan pengalaman saya selama mengobati penyakit kulit di tempat praktek. Intinya penyakit eksim ini bisa sembuh, jika pengobatan eksi nya tepat. Tapi jika pengobatan tidak tepat, penyakit eksim ini akan penjadi eksim bertahun tahun (eksim menahun).Obat khusus Kutil Kelamin

Untuk Jenis Gatal Eksim Kering

Pada umumnya eksim kering adalah jenis eksim atau gatal penebalan kulit tanpa disertai basahnya daerah gatal kulit tersebut. Eksim kering ini biasanya meyebarnya tidak terlalu cepat, berbeda dengan eksim basah. Eksim kering kecenderungan terjadi pada orang yg daya tahannya lebih kuat, jadi eksim tidak menyebar, hanya bertahan saja.

Warna lebih hitam, hitam ini sebenarnya indikasi bahwa sudah ada pengeringan, karena sel kulit usianya 28 hari, maka hitam ini tanda kulit mati.

Gatal tidak selalu, muncul sewaktu waktu saja. Eksim kering sifat gatalnya hanya beberapa waktu saja, misal malam hari atau sehabis makan makanan yg menjadi penyebab gatal, ayam potong, lele, gurame. Sifatnya lebih lama, eksim kering biasanya terjadi sudah lama, berumur antara 1 tahun lebih. Eksim kering bisa bertahan bertahun tahun jika tidak segera diobati.

Untuk Jenis Gatal Eksim Basah

Eksim basah biasanya berwarna merah, berair dan bercak memerah, usia eksim basah relatif baru. Rasa gatal eksim basah ini lebih sering, karena aktifitas bakteri yg tinggi pula. Eksim ini lebih mudah menyebar, maka penderita jangan sampai terlalu sering terkena air. Jika eksim basah ini segera diobati, maka akan lebih cepat sembuh, karena munculnya eksim ini relatif baru, dan kondisi penderita masih dikatakan belum parah.

Ciri Eksim Basah adalah :

Warna eksim basah cenderung merah, eksim ini terjadi pada orang yg daya tahan tubuhnya lebih lemah, eksim basah lebih cepat menyebar karena kondisi virus lebih banyak daripada eksim kering. Gatal lebih sering muncul, karena jumlah virus, kuman lebih banyak dan area lebih basah, maka eksim basah muncul rasa gatalnya lebih sering, ketika berkeringat rasa gatal akan menjadi jadi, Sifat eksim basah cenderung adalah eksim baru, eksim yang muncul baru beberapa minggu. Eksim basah lebih cepat disembuhkan dari eksim kering. Tapi penyebarannya lebih cepat, eksim ini lebih mudah menular karena virus/bakterinya masih sangat aktif.

UNTUK LEBIH JELASNYA HUBUNGI CALL/SMS 082138608050 / 087736638767 BBM: BY REQUEST WhatSApp : 082138608050

Contoh Konfirmasi Pemesanan

Nama Penerima Paket# Alamt Lengkap # No Tlp # Jenis/Obat Pesanan # Jumlah Pembayaran

Contoh : Fara Estiani # Jl.Garuda No 2546 Kemayoran Jakarta Pusat # 085 869 xxx xxx # Obat Gonore # Sudah Transfer Rp.295.000 Via Bca An.Fara Estiani Kirim via SMS ke 082138608050 Atau Ke 087736638767 WhatSApp : 082138608050

Pengiriman

Pengiriman obat kami kirim melalui jasa penitipan kilat TIKI, JNE, J&t dan POS INDONESIA jadi obat kami jamin sampai ditujuan dengan aman. Jika memang tidak sampai, kami akan mengembalikan uang 100%

Kami Memberikan Jaminan Kalau Tidak Sampai Uang Kembali 100%

Melayani Pengiriman Keseluruh Dalam Negeri Maupun Luar Negeri

Sudah Kami Jelaskan Kami Memberikan Jaminan Untuk Pemesanan Anda Sampai Alamat,Jika Tidak Sampi Uang Kembali 100% dan kami tidak menerima pertanyaan:

INFORMASI SELENGKAPNYA Jika anda masih kurang jelas silahkan kontak kami langsung via Tlp/Sms 082138608050

Barang DIJAMIN sampai ke rumah anda. Hubungi kami apabila menginginkan bukti nomor (resi) pengiriman. No.resi pengiriman saya smskan.

KEPUASAN PELANGGAN ADALAH PRIORITAS UTAMA KAMI https://gejalagataleximtas.atavist.com/gejala-awal-timbulnya-gatal-bentol-kemerahan

Repository

https://gejalagataleximtas.atavist.com/gejala-awal-timbulnya-gatal-bentol-kemerahan

Project Slug

gejala-awal-timbul-gatal-bentol

Last Built

6 months, 1 week ago failed

Maintainers

Home Page

https://gejalagataleximtas.atavist.com/

Badge

Tags

gatal, gejala, bentol, awal, timbulnya, kemerahan

Project Privacy Level

Public

Short URLs

gejala-awal-timbul-gatal-bentol.readthedocs.io
gejala-awal-timbul-gatal-bentol.rtfd.io

Default Version

latest

'latest' Version